Home »
Umkm
»
Bisnis Go-Jek menimbulkan dampak sistemik bagi usaha kecil menengah (UKM) Helm Lokal
Bisnis Go-Jek menimbulkan dampak sistemik bagi usaha kecil menengah (UKM) Helm Lokal
Posted by Unknown
at Saturday, 26 September 2015
Bandung: Geliat bisnis transportasi online seperti Go-Jek saat ini tengah menjadi gaya hidup bagi masyarakat kota besar. Dalam waktu sekejap, bisnis yang diprakarsai Nadiem Makarim ini mendadak tenar dan kerap menjadi buah bibir masyarakat. Saat ini saja, tercatat ribuan orang sudah berubah profesi dan bergabung dengan bisnis ini.
Namun siapa sangka ternyata bisnis Go-Jek menimbulkan dampak sistemik bagi usaha kecil menengah (UKM). Salah satunya adalah seorang pemuda bernama Ilham Pratama yang turut ‘kecipratan’ bisnis ini. Pria berusia 29 tahun yang kini memiliki usaha di bidang produksi perlengkapan otomotif bernama RamoPro Performance, mendapatkan orderan kakap dari Go-Jek untuk pembuatan helm sebanyak 40.000 unit.
“Kami mendapat pesanan dari Go-Jek untuk memproduksi dan mendesain helm sebanyak 40 ribu unit. Kami sangat mengapresiasi tawaran ini, bisnis Go-Jek telah berdampak sistemik kepada usaha kecil seperti kami,” kata Ilham saat berbincang di kantornya di Jalan Cikutra no 205, Bandung.
Selain itu, pria jebolan Fakultas Hukum Universitas Padjajaran ini juga mengaku senang karena dapat mempekerjakan banyak orang dalam pembuatan helm ini. “Sebuah penghargaan besar mendapatkan pekerjaan ini. Kami akan ciptakan karya terbaik dengan harapan klien kami puas dan bisnis ini berumur panjang,” tandas Ilham.
Ilham sudah menjalani bisnis helm sejak 2011 lalu. Awalnya, pemuda yang menggemari hobi motorcross ini lebih dulu memproduksi sarung pelindung telapak tangan khusus bikers (palm protector).
Dari situ Ilham mencoba untuk menambah keahlian dengan mengecat ulang helm dengan berbagai variasi. Seiring dengan banyaknya pesanan, pria berdarah Tasikmalaya ini berinisiatif untuk memproduksi helm sendiri. Dari situ lah RamoPro tercipta. Dan kini, RamoPro tumbuh menjadi merek pelindung kepala yang diperhitungkan bagi banyak pecinta otomotif ataupun perusahaan. Produk yang ditawarkan RamoPro tidak hanya costum perusahaan, tetapi juga bisa costum personal, bahkan produk masal. Semua hasil karyanya dapat dilihat melalui situs www.ramopro.com
“Bisnis ini tidak besar begitu saja. Banyak kendala yang kita hadapi dan kami harus riset dari hal yang paling kecil, bahkan kami harus menghadapi trial and error beberapa kali. Namun, saya semakin tertantang dengan kondisi seperti itu dan saya orang yang tidak akan berhenti mencoba sebelum berhasil,” tutup Ilham.
UDA
Sumber : Metrotvnews.com,